Rabu, 12 Maret 2008

PENG.LINGKUNGAN

PB KE-3
MATERI KE-4

Penduduk dunia yang diperkirakan berjumlah 8,5 miliar pada tahun 2007 akan menghadapi kelangkaan air bersih.

Cadangan air di Indonesia hanya mampu memenuhi 1.700 m3 per orang per hari. Angka ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan rerata cadangan air dunia, yakni di atas 2.000 m3 per orang per hari.
Meskipun 70% permukaan bumi tertutup air, namun sesungguhnya hanya sekitar 2.5% saja yang berupa air tawar, yang lainnya merupakan air asin. Itu pun tidak sampai 1% yang bisa dikonsumsi, sedangkan sisanya merupakan air tanah yang dalam atau berupa es di kutub.
Air adalah sumber kehidupan, tanpa air maka tidak akan pernah ada kehidupan. Bagi manusia air adalah kedua terpenting setelah oksigen. Tanpa makanan manusia masih bisa bertahan selama beberapa waktu tetapi tanpa air manusia tidak akan mampu bertahan lama karena 70% tubuh manusia terdiri dari air. Apabila usia kita meningkat maka kandungan air dalam tubuh akan berkurang. Fungsi air yang utama bukan untuk hilangkan dahaga atau haus

Fungsi Air

Fungsi air adalah sebagai pelarut, pelancar dan pembersih, memegang peranan sangat penting bagi tubuh manusia. Setiap orang membutuhkan minimal 2 liter air sehari

Sebagai Pelarut:

· Pelancar pada sendi-sendi
· Pergerakan bola mata
· Air liur untuk menelan
· Mukus pada sistem pernapasan
· Mukus pada sistem pencernaan

Sebagai Pelancar:
· Pembiakan sel
· Metabolisme sel
· Peredaran darah
· Menjaga suhu tubuh
· Sistem pencernaan makanan
· Penyebaran nutrisi-nutrisi
· Menyingkirkan kotoran
· Pelembab kulit


Disarankan setiap hari manusia minum air 2,5 liter atau kurang lebihnya 8 gelas. Beberapa riset mengatakan bahwa kekurangan 5% cairan dalam tubuh dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi dan stamina seseorang.

Hampir 98% air di planet bumi adalah air asin, tidak baik untuk dikonsumsi manusia. Kurang dari 1% dari total air segar tersedia untuk kita; sebagian besar dari air segar itu tersimpan dalam salju dan es kutup.2 Dengan kata lain: dari setiap 100 liter air, kurang dari setengah senduk teh merupakan air segar yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi kelangkaan tersebut adalah:
1. Menurunnya sumber air, permukaan air bawah tanah, daerah-daerah rawa-rawa dan teluk.
2. Tidak meratanya penyebaran air.
3. Konflik-konflik lintas batas.
4. Privatisasi

Penggunaan air global dibagi sebagai berikut: untuk pertanian: 70%; industri: 22% dan rumah tangga 8%.4

Tidak ada komentar: